KEMBALI KE ARTIKEL
06 February 2024

Pada hari Sabtu, 10 Februari 2024 menjadi Tahun Baru Imlek  2575 Kongzili. Shio tahun ini adalah Naga Kayu yang mana melambangkan kemakmuran, kekuatan, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan.

Shio sendiri adalah metode perhitungan tahun menurut kalender astrologi Tionghoa dengan dilambangkan 12 binatang. Konon, fengshui rumah memiliki kaitan terhadap perhitungan shio. Oleh sebab itu GNET Indonesia akan bagikan inspirasi fengshui rumah berdasarkan Shio Naga Kayu, melalui artikel berikut.

Fengshui Rumah Shio Naga Kayu

Mengutip dari buku Astrologi Cina untuk Peruntungan dan Bisnis, shio merupakan salah satu dari tradisi yang telah dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Kepercayaan ini telah berlangsung selama berabad-abad sebagai penuntun mereka dalam menjalani dan menentukan nasib kehidupan.

Bila di negara-negara barat shio dikenal dengan zodiak. Sedangkan untuk masyarakat Tionghoa, shio digambarkan dengan simbol binatang yang mewakili tahun kalender Cina. Simbol binatang tersebut, yaitu Kerbau, Tikus, Macan, Naga, Kelinci, Ular, Kambing, Kuda, Monyet, Anjing, Ayam, dan Babi.

Terdapat lima elemen fengshui di setiap masing-masing shio. Elemen-elemen ini memiliki arti tersendiri menurut ilmu fengshui. Adapun elemen-elemen tersebut, yakni:

- Elemen logam memiliki arti kegembiraan dan kejelasan

- Elemen bumi memiliki arti kesejahteraan dan dukungan

- Elemen air memiliki arti aliran kekayaan dan kebijaksanaan

- Elemen api memiliki arti kesuksesan dan inspirasi

- Elemen kayu memiliki arti pertumbuhan dan kelimpahan

Arah Rumah Shio Naga Kayu

Buat Kamu yang memiliki shio Naga Kayu dan baru saja hendak membangun rumah terdapat anjuran mengenai ke mana arah bangunan menghadap. Disarankan rumah yang dibangun menghadap ke arah tenggara tepatnya 112,5° – 127,5°.

Rumah yang menghadap tenggara dipercaya akan mendatangkan beragam keuntungan berupa kekuasaan, uang, dan ketenaran. Tidak hanya itu rumah menghadap tenggara juga akan membawa rasa percaya diri lebih besar dengan kapasitas lebih dalam saat membuat keputusan.

Untuk menentukan arah rumah kamu bisa melihat posisi pintu utama bangunan. Dalam hal ini Shio Naga Kayu menghadap ke arah Tenggara. Jadi, Kamu bisa menempatkan pintu utama di Tenggara dengan berdasarkan arah kompas. 

Apabila kesulitan dalam menemukan arah hunian dengan baik, Kamu dapat menerapkan teori San He. Sebelumnya apakah Kamu sudah tahu apa itu teori San He? Jadi Teori San He adalah istilah dalam Feng Shui yang merujuk pada tiga kombinasi elemen alam yang dipercaya harmonis dan mendatangkan energi positif. 

San He adalah istilah dalam Feng Shui yang merujuk pada tiga kombinasi elemen alam yang dianggap harmonis. Kombinasi ini digunakan dalam analisis Feng Shui untuk menentukan sejauh mana suatu lingkungan atau bangunan dapat mendukung energi yang positif. 

Teori San He merujuk pada keharmonisan yang ada pada tiga shio terbagi menjadi:

  • Monyet - Tikus - Naga

  • Macan - Kuda - Anjing

  • Ular - Ayam - Kerbau

  • Babi - Kelinci - Kambing

Cara untuk menggunakan teori San He adalah dengan menggunakan arah energi shio yang memiliki keharmonisan sama. Misalnya, Kamu memiliki Naga Shio Kayu maka dapat menggunakan arah yang sama dengan tikus dan monyet sebagai alternatif.

Pilihan Warna Keberuntungan Shio Naga Kayu

Setidaknya ada beberapa warna yang diyakini dapat mendatangkan keberuntungan di tahun Shio Naga Kayu. Warna-warna tersebut di antaranya:

  1. Kuning Emas

Kuning emas dipercaya melambangkan kemakmuran, kekayaan, dan keberuntungan. Begitupun di tahun shio Naga Kayu, warna ini tetap membawa keberuntungan juga. Warna kuning emas juga memiliki kaitan erat dengan elemen tanah yang mana mendukung kestabilan energi dan perkembangan.

Tidak hanya berhenti di sana warna kuning emas juga bisa memberikan nuansa cerah pada rumah. Layaknya sinar matahari dalam Feng Shui, warna kuning emas menjadi sumber energi positif.

  1. Hijau Zamrud

Berikutnya ada warna hijau zamrud. Warna ini mewakilkan unsur kayu dan energi akan pertumbuhan serta vitalitas sehingga sesuai dengan karakteristik pada tahun ini. Penggunaan warna hijau zamrud dalam ornamen dekorasi diyakini bisa mendatangkan keberuntungan dan keselarasan.

Penggunaan hijau zamrud akan membantu mendatangkan harmonisasi dalam ruangan rumah. Kamu bisa memilih furnitur, aksesori, dan elemen dekorasi lainnya dengan warna hijau zamrud.

  1. Merah Gelap

Warna merah gelap atau merah mewah adalah warna yang menandakan vitalitas, keberuntungan, dan energi positif. Merah gelap juga membawa elemen kehangatan, semangat, dan gairah ke dalam rumah.

Beberapa tradisi dari Feng Shui menyebut bahwa warna merah gelap bisa memberikan perlindungan atas energi negatif atau hal - hal buruk. Oleh sebab itu, dengan menggunakan merah gelap pada elemen dekorasi rumah diyakini bisa menjadi langkah yang baik untuk menjaga keseimbangan energi.

Hindari Hal ini Dalam Menata Rumah pada Shio Naga Kayu

Menurut Feng Shui Naga Kayu tahun 2024 bila Kamu tidak mau terkenal sial, maka pastikan untuk tidak menata rumah pada sudut tenggara dan barat laut. Saat menata rumah pertama-tama ketahui dahulu tentang posisi Tai Sui. Sebab, rumah dengan shio yang menyinggung Tai Sui akan membuat posisinya kurang bagus dan mengundang kesialan.

Guna mencegah kesialan tersebut menimpa Kamu, silakan memasang jimat Tai Sui. Cara alternatif lainnya adalah dengan memajang boneka atau patung anjing dengan warna hitam. Serta, Wu Lou yang berupa kuningan dengan pita biru untuk dikaitkan pada sudut rumah. Wu Lou sendiri merupakan benda kuningan yang menyerupai labu.

Selain Wu Lou ada pula Sui Po yang memiliki posisi berlawanan. Kamu bisa memajang patung naga emas tepat di posisi berlawanan dengan Wu Lou untuk meminimalisir dampak negatif dari Sui Po. Dengan demikian, rumah Kamu akan memiliki energi yang lebih stabil dan tenang.

Penutup

Itulah pembahasan artikel mengenai Feng Shui rumah shio Naga Kayu di tahun 2024. Yuk, terapkan Feng Shui tersebut pada rumahmu untuk mendatangkan keberuntungan. Temukan tips dan trik dekorasi hunian lainnya bersama GNET Indonesia.