KEMBALI KE ARTIKEL
14 July 2022

Lantai adalah salah satu bagian yang paling penting di dalam rumah. Ada banyak jenis lantai, salah satunya adalah linoleum. Linoleum adalah satu dari sekian banyak jenis pelapis lantai yang biasa menjadi pilihan bagi banyak orang. Meskipun begitu, linoleum ternyata masih jarang diketahui oleh orang-orang dibandingkan dengan vinyl. Lewat artikel ini, mari kita bedah apa itu linoleum dan bedanya dengan vinyl.

 

Apa Itu Linoleum?

Source: Pinterest

Linoleum adalah salah satu bahan pelapis lantai yang terbuat dari bahan alami, yaitu perpaduan antara minyak biji flax (linseed oil), campuran serbuk gabus atau tepung kayu yang kemudian direkatkan pada media yang berbahan dasar dari kain kanvas atau kain berserat kuat. Karena bahan dasarnya yang alami, linoleum dikenal ramah lingkungan.

Pelapis lantai linoleum sudah ada sejak tahun 1860-an, dan popular di luar negeri khususnya Eropa. Namun penggunaan linoleum sempat memudar, meskipun kini meningkat lagi karena sifatnya yang ramah lingkungan.

 

Perbedaan Linoleum dan Vinyl?

Source: Pinterest

Secara kasat mata, linoleum dan vinyl tidak jauh berbeda, bahkan cenderung terlihat mirip. Hal yang cukup membedakannya adalah model pelapis lantai linoleum biasanya terlihat estetis dan terkesan vintage. Meskipun saat ini banyak produsen yang membuat linoleum dan vinyl dengan berbagai model yang lebih kekinian dan modern.

Selain itu, yang paling membedakan linoleum dan vinyl adalah bahan dasar pembentuknya. Vinyl berbahan dasar plastic atau PVC yang tidak alami, sedangkan linoleum terbuat dari bahan yang alami yaitu  perpaduan antara tepung kayu, minyak biji rami, serbuk gabus, resin pohon pinus, serat rami, serta mineral & pigmen.

Kelebihan Penggunaan Linoleum?

Source: Pinterest

Linoleum bisa jadi opsi untuk pelapis lantai rumahmu agar lebih indah dengan bahan alami yang ramah lingkungan. Selain masih jarang digunakan banyak orang, linoleum juga beberapa kelebihan seperti:

  • Memiliki bahan dasar alami
  • Awet, alias tahan lama
  • Ramah terhadap lingkungan
  • Desain yang inovatif
  • Mudah dipasang dan dibesihkan
  • Tahan terhadap rayap
  • Fleksibel
  • Ketebalan mencapai hingga 8mm

 

7 Ide Desain Motif Lantai Linoleum

1. Linoleum Motif Polos

Source: Pinterest

Linoleum motif polos adalah salah satu motif yang cocok digunakan untuk ruangan atau rumah yang mengadaptasi tema minimalis atau clean. Tampilan ruangan akan lebih menarik dan padangan akan terlihat lebih luas dengan motif polos ini. Warna apapun cocok untuk motif polos ini, tergantung dari konsep utama ruangannya. Kamu bisa menggunakan linoleum jenis marmoleum untuk ruang keluarga atau ruang tamu.

 

2. Linoleum Motif Catur

Source: Pinterest

Motif catur bisa jadi pilihan untukmu jika kamu menyukai ide desain yang unik dan dinamis. Selain itu, motif catur dapat meninggalkan kesan ekspresif dan ceria pada ruanganmu. Motif ini cocok diaplikasikan pada ruang tamu dan kamar tidur. Agar lebih terlihat rapi dan minimalis, GNET menyarankan untuk menambahkan beberapa aksen perabotan modern di sekitar ruangan.

 

3. Linoleum Motif Marmer

Source: Pinterest

Sekilas terlihat seperti marmer sungguhan, bukan? Nyatanya lantai tersebut adalah motif marmer pada linoleum. Motif marmer dapat meninggalkan kesan mewah dan berkelas pada lantai yang digunakan. Sehingga motif ini cocok untuk diaplikasikan pada area teras rumah atau dapur.

 

4. Linoleum Motif Batu

Source: Pinterest

Motif satu ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan dapur. Lantai dapur yang terbuat dari bahan batuan atau marmer akan menarik pandangan bagi siapapun yang melihatnya, terlebih jika konsep dapurmu memang sudah dipikirkan sebelumnya. Jika kamu menggunakan linoleum motif batu, akan lebih baik jika menambahkan aksen cabinet dan kitchen island yang klasik.

5. Linoleum Motif Persegi

Source: Pinterest

Motif persegi ini juga cocok untuk ruangan dapur, khususnya dapur gaya rustic ala pedesaan. Motif persegi panjag, serta aksen abu-abu yang teduh memberikan kesan alami. Apalagi jika dipadukan dengan perabotan kayu solid yang terolesi dengan pernis yang akan menambah nilai estetiknya.

6. Linoleum Motif Kayu

Source: Pinterest

Motif satu ini bisa dibilang merupakan motif yang paling disukai dan paling banyak digemari banyak orang. Kesan alami dan mewahnya menambah nilai keindahan lantai di rumahmu. Selain itu motif kayu juga meninggalkan kesan yang Nampak sederhana dan hangat, sehingga cocok diaplikasikan pada ruang tamu, dapur, hingga lantai kamar tidur.

7. Linoleum pada Kamar Mandi

Source: Pinterest

Linoleum ternyata juga bisa diaplikasikan pada kamar mandi. Kamu bisa mengganti keramik lantai kamar mandimu dengan linoleum dengan motif yang unik, seperti pola geometris. Motif ini akan meninggalkan kesan kamar mandi yang tenang, sederhana, dan estetis.

 

Bagaimana, Sobat GNET? Apakah kamu berniat beralih ke lantai linoleum? Semoga kamu sudah mengenal lebih dalam tentang pelapis lantai linoleum, ya! Jangan lupa untuk tetap gunakan bahan bangunan berkualitas untuk hasil hunian yang maksimal. Hunian nyaman, GNET solusinya!