KEMBALI KE ARTIKEL
27 December 2023

SPC Flooring adalah salah satu jenis material lantai yang kini mulai menjadi primadona untuk hunian. Tampilannya yang estetik dan mempunyai durabilitas kuat membuat spc flooring kian digemari. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang spc flooring beserta jenis, kelebihan dan tips untuk memilihnya melalui artikel di bawah ini.

SPC Flooring Adalah

SPC flooring adalah lantai vinyl hasil inovasi dari material serat batang mineral, yaitu stone plastic composite. Material tersebut dikenal mempunyai daya tahan pada air sehingga sering digunakan pada proyek-proyek konstruksi dan renovasi.

Tampilan yang unik nan estetik pada spc flooring merupakan imitasi dari tekstur kayu, batu dan berbagai pola dan paduan warna. Dengan ragam pilihan yang variatif membuatmu lebih mudah dalam memadupadankan desain spc flooring dengan konsep hunian.

SPC flooring juga mempunyai lapisan anti gores. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir SPC flooring mengalami kerusakaan akibat benda tajam, seperti sepatu hak atau kaki meja. Material ini juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang kembali.

Jenis-Jenis SPC Flooring

Sebelum memilih untuk menggunakan SPC flooring, ada baiknya Kamu mengetahui dahulu ragam jenis-jenisnya antara lain:

  1. SPC Tile

Jenis pertama ada SPC Tile. Material ini mempunyai bentuk menyerupai ubin dan tersedia dalam berbagai pilihan motif serta warna. Mudah dipasang dan mempunyai tampilan elegan menjadikan SPC Tile siap hadirkan nuansa modern pada setiap ruang pada hunian Kamu.

  1. SPC Rigid Core

Selanjutnya ada SPC Rigid Core. SPC flooring ini memiliki ini material yang padat dan juga kuat bila dibandingkan dengan jenis lainnya. Daya tahan SPC Rigid Core pun tak main-main lantaran mampu menahan suhu ruangan tetap stabil. 

  1. SPC Herringbone

Sama seperti namanya, SPC Herringbone mempunyai pola susunan yang menyerupai tulang ikan. Hal tersebutlah yang membedakannya dengan jenis lantai SPC lainnya. Pola unik ini tidak hanya menambah estetika ruangan. Namun, juga memberikan kesan dimensi dan kedalaman. 

Kelebihan SPC Flooring

Berikut beberapa kelebihan dari SPC Flooring di antaranya, yakni:

  1. Instalasi Mudah

Kelebihan utama dari SPC Flooring adalah proses instalasinya yang mudah. Beberapa SPC Flooring telah dilengkapi oleh sistem penguncian atau “click-lock”. Inilah yang membuatnya cocok untuk Kamu yang suka mendesain ruangan sendiri karena SPC Flooring mudah untuk dipasang dan dilepas.

  1. Tahan Air

Salah satu kelebihan lain dari SPC Flooring adalah kemampuannya yang tahan pada air. Material batang mineral yang digunakan pada inti SPC juga membuatnya resistan terhadap suhu lembab. Itu sebabnya SPC Flooring pun cocok untuk diaplikasikan pada area yang sering terkena air, misalnya kamar mandi, gudang atau dapur.

  1. Tampilan Estetis

Hadirkan tampilan yang estetis dan unik dengan menggunakan SPC Flooring. Ketersediaan variasi desain dan warna membuat Kamu lebih mudah dalam menyelesaikannya dengan konsep hunian. 

Contohnya, seperti GNET SPC Flooring motif Winter Oak yang memiliki serat lembut dan warna dominan cream. Siap jadikan hunian Kamu tampil sederhana dan minimalis, tetapi tetap tampak elegan.

  1. Minim Perawatan

Kelebihan SPC Flooring selanjutnya, yaitu mudah untuk dirawat dan dibersihkan. Cukup dengan menyapu atau menyeka untuk menjaga kebersihan permukaannya. Artinya SPC Flooring sangat cocok untuk digunakan untuk Kamu yang jarang memiliki waktu melakukan maintenance rumah.

Tips Memilih SPC Flooring

Sebelum membeli SPC Flooring perhatikanlah dahulu tips untuk memilihnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketahui Apakah Produk Sudah Bersertifikasi

Tips pertama yang perlu menjadi pertimbanganmu sebelum memilih SPC Flooring adalah adanya sertifikasi mutu. Beberapa sertikasi mutu yang mencakup SPC Flooring ialah ISO: 4001 dan ISO: 9001 sebagai standar kualitas di Indonesia.

Sertifikasi tersebut bisa didapat setelah produsen mengajukan peninjauan akan secara langsung akan kualitas dari SPC Flooring yang diproduksi. Peninjauan tersebut salah satunya adalah uji keamanan material.

  1. Kesesuaian Ukuran

Kedua adalah kesesuaian ukuran. Cari tahu apakah SPC Flooring yang hendak Kamu beli mempunyai ukuran yang selaras dengan kebutuhan luas ruangan. Dengan demikian, Kamu dapat lebih efektif dan efisien dalam mengaplikasikan SPC Flooring. Serta tidak membuang-buang anggaran.

  1. Motif yang Selaras

Pilih SPC Flooring dengan motif yang selaras pada konsep hunian. Umumnya, SPC Flooring cocok untuk digunakan pada hunian berkonsep kontemporer. Pada hunian kontemporer, Kamu dapat memilih motif seperti GNET Aesthetic Brown Wood. Mempunyai warna dominan hitam memberikan nuansa elegan dan modern.

  1. Tersedianya Purna Jual

Layanan purna jual menjadi salah satu tips yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, bukan tidak mungkin Kamu menemukan kecacatan pada suatu produk. Dengan adanya layanan purna jual Kamu bisa melakukan klaim garansi sehingga produk cacat dapat digantikan dengan yang baru.

  1. Sistem Pemasangan

Tips terakhir di sini, yaitu pilihlah SPC Flooring dengan sistem pemasangan “Click - Lock”. Jika tidak Kamu akan kesulitan untuk proses instalasinya. Sistem pemasangan yang baik akan memudahkan instalasi dan memberikan hasil yang kokoh. Selain itu, SPC Flooring juga tidak akan mengalami pergeseran atau perubahan posisi.

Kisaran Harga SPC Flooring

GNET Indonesia akan bagikan kisaran harga SPC Flooring dikutip dari Tokopedia yang dapat menjadi referensi Kamu.

No. Jenis Harga
1. SPC Flooring Taco 5mm Rp 275.000
2. SPC Lantai Kayu Timberwood 5mm Rp 210.000
3. GNET SPC Flooring (6mm) Rp 485.100
4. Marvel SPC Flooring (5mm) Rp 473.000
5. Lantai SPC VInyl Luxor (5mm)

Rp 390.000

Penutup

Demikian pembahasan tentang SPC Flooring adalah, jenis, kelebihan, tips memilih dan kisaran harganya. Semoga artikel di atas dapat memberikan insight yang bermanfaat untuk Kamu.

Buat Kamu yang tertarik untuk menggunakan SPC Flooring, GNET Indonesia punya solusinya! GNET SPC Flooring dapat menjadi pilihanmu untuk pengaplikasian SPC Flooring di rumah.

Tersedia berbagai varian motif dan warna, serta sudah dilengkapi dengan sistem pemasangan Click-Lock menjadikan GNET SPC Flooring sangat efektif dan efisien. Yuk, checkout langsung produknya melalui halaman Official Store Tokopedia GNET Indonesia!