KEMBALI KE ARTIKEL
29 May 2021

GNET

Lukisan awan di plafon rumah

lukisan awan di plafon rumah

Sumber: Pinterest

Ingin rumah terlihat beda dari biasanya? Ruangan tentu akan semakin indah jika ada unsur seni di dalamnya. Bisa dengan lukisan, aksesoris dinding, atau hiasan di plafon. Mengubah warna plafon bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus dapat membawa perubahan suasana dalam rumah lho.

Karena plafon meliputi seluruh ruangan pada rumah, dengan memberikan warna yang tepat, kamu bisa mengubah tampilan keseluruhan ruangan menjadi lebih dramatis. Sebenarnya ada beberapa orang yang menghias plafon dengan memberikan ornamen cahaya agar plafon terlihat lebih indah di waktu malam. Namun, cara ini tentu membutuhkan biaya listrik tambahan. Solusi lain, yaitu dengan menghias plafon. Lukisan awan di plafon bisa memberikan kesan artistik pada plafon rumah minimalismu. Tapi melukis awan di plafon hanya bisa jika plafon rumah kalian terbuat dari plafon gypsum ya. Lebih lanjut, simak di bawah ini yaaaa.

 

1. Membuat lukisan di plafon dengan cat minyak

cat minyak lukisan awan plafon

Sumber: Pinterest

Cara membuat lukisan awan di plafon rumah pertama ialah dengan menggunakan cat minyak. Langkah pertama ialah membuat latar belakang terlebih dahulu menggunakan cat warna biru cerah atau sesuai dengan konsep langit sesuai dengan yang kamu inginkan. Berikan warna pada latar belakang lukisan dengan tekanan yang rata dan kuas yang lebar. Tunggu sampai cat benar-benar mengering, karena cat yang masih basah akan ikut terbawa cat awan berikutnya.

Jika sudah kering, buatlah sketsa awan memakai kuas kering. Setelah itu, tambahkan warna putih dan hitam pada warna latar belakang yang ingin kamu pakai. Jika sudha selesai dibuat, lapisi awan tersebut dengan menggunakan warna yang cerah, sehingga ada perbandingan yang kontras dengan latar belakangnya. Warna cerah bisa kamu buat dengan menambahkan cat warna putih pada cat warna aslinya. Pertegas hasil lukisan awan dengan warna krem atau putih tulang pada bagian awan dengan halus agar lukisan tampak lebih natural dan nyata.

 

2. Membuat lukisan di plafon dengan cat akrilik

cat akrilik plafon rumah

Sumber: Superproof

Melukis awan pada plafon juga bisa kamu lakukan dengan cat akrilik. Langkah pertama, buatlah latar belakang seperti biasa terlebih dahulu. Latar belakang ini bisa menggunakan langit biru atau orange keemasan seperti matahari. Kamu bisa gambar apapun sesuai dengan konsep yang ada di kepalamu.

Mulailah dari melukis dengan kuas kering. Ingat, jangan basahi kuas cat sebelum digunakan. Setelah itu, tuangkan cat putih di atas palet dan ambil cat berwarna putih tersebut sedikit demi sedikit menggunakan kuas. Posisikan tempat awan di latar belakang yang sudah dibuat sesuai dengan keinginanmu. Lalu oleskan perlahan warna putih pada awan yang sudah dibuat dengan sketsa.

Agar lukisan lebih dramatis, perluas tepi gambar awan yang sudah kamu gambar dengan kuas ke arah luar. Ciptakan tampilan warna yang tipis untuk bagian tepi agar kesannya jadi lebih ringan dan lembut. Setelah mengering, baru kamu bisa membuat gradasi warna di bagian bawah awan. Dalam menggambar awan, janganlah terlalu sering menggunakan cat. Agar hasilnya lebih baik dan natural, gunakanlan usapan atau sentuhan halus agar awan terlihat lebih nyata.

Kamu bisa gunakan cara-cara di atas jika kamu yakin dengan kemampuan menggambar kamu. Kalau gak yakin, lebih baik kamu memanggil jasa tukang gambar plafon saja, jadi hasilnya benar-benar bagus. Hehehehe Itu tadi sekilas tips dan cara melukis awan di plafon rumah agar plafon rumah lebih menarik dan lebih indah dilihat. Semoga informasi di atas bisa menginspirasi untuk membuat plafon rumahmu jadi lebih indah. Jangan lupa pakai produk GNET yang sudah jelas kualitasnya yaaa. Untuk plafon gypsum berkualitas, pakai papan gypsum INDOBOARD. Kualitas terjamin, harga ekonomis. Hunian nyaman, GNET solusinya!