KEMBALI KE ARTIKEL
07 March 2022

GNET

 

Memasang keramik dengan metode adu manis

memasang keramik sudut tangga metode adu manis

Sumber: howtospecialist.com

Familiar dengan metode adu manis? Metode ini adalah metode dalam memasang keramik di sudut, biasanya untuk pemasangan anak tangga. Memasang keramik di anak tangga dengan rapi adalah salah satu pekerjaan yang cukup sulit bagi sebagian aplikator atau tukang bangunan. Hal ini karena memasang keramik dengan metode adu manis ini memerlukan teknik dan keterampilan yang cukup tinggi. Proses pemasangan keramik ini sebenarnya sama dengan pemasangan keramik pada umumnya, dengan menggunakan campuran semen, pasir, dan air. Namun tingkat kesulitan pengerjaan ini lebih tinggi, karena membutuhkan ketelitian untuk memperhatikan kerataan keramik yang terpasang mendatar dan keramik yang berdiri tegak.

Oleh karena itu, ada sebuah metode yaitu metode adu manis. Dengan mengaplikasikan metode ini, keramik dapat terpasang dengan kuat dan rapi di bidang pertemuan. Seperti apa sih metode ini? Berikut beberapa tipsnya.

 

1. Bentuk sudut keramik

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam memasang keramik di sudut adalah membentuk sudut keramik. Kamu perlu membentuk pinggulan dengan sudut 45 derajat di cuilan pinggir keramik yang nantinya akan dipertemukan. Pastikan sudut yang dibuat tersebut sudah pas antara sisi datar dengan sisi yang tegak. Jika kedua sisi tersebut sudah bertemu dengan pas artinya kamu sudah berhasil dalam membentuk sudut pinggulnya.Namun jika kamu masih melihat ada celah atau ganjalan, kamu perlu menyempurnakan sekali lagi bentuk sudutnya.

 

2. Berikan adonan semen

Memasang keramik di sudut terutama anak tangga harus dimulai dari cuilan tangga yang paling atas. Berikan adonan atau campuran semen pada bidang kerja yang akan dipasang keramik. Pasang keramik pada sisi datar terlebih dahulu, lalu pasang keramik bagian vertikal atau bagian tegak setelahnya. Khusus di bagian cuilan ini harus diberi tambahan bubuk semen kering agar kondisi adukan perekat tidak terlalu basah. Hal ini bertujuan agar ketika keramik diketuk-ketuk untuk meratakan permukaannya, adukan tersebut tidak berjatuhan ke bawah. Adukan semen yang berjatuhan akan menjadikan keramik menjadi kopong sehingga berpotensi pecah nantinya.

 

3. Pasang keramik di posisinya

Setelah memberikan adukan semen pada area kerja, langkah selanjutnya ialah memasang keramik pada tempatnya. Sebelum memasang keramik, taburkan bubuk semen kering secukupnya pada bagian belakang keramik tersebut supaya keramik dapat merekat dengan sempurna. Kemudian lakukan pengukuran kembali posisinya dengan benang. Setelah posisi keramik dirasa telah sesuai, ketuklah keramik supaya sanggup melekat dengan baik. Pasang paku di bawah keramik sebagai ganjalan untuk menahan sementara posisinya supaya tidak turun.

 

4. Periksa bagian adu manis

Setelah keramik terpasang dengan rapi, pastikan cuilan pertemuan sudut keramik sudah benar-benar rapi dan rata. Kamu bisa menggunakan waterpass untuk mengecek tingkat kerataan permukaan keramik. Jika hasilnya bagus, kamu bisa lanjutkan untuk memasang keramik selanjutnya. Setelah keramik terpasang, cek kerataannya menggunakan waterpass, dan begitu seterusnya.

 

5. Aplikasikan nat secara melingkar

Langkah terakhir dari memasang keramik di sudut menggunakan metode adu manis ialah mengaplikasikan nat untuk memperindah susunan keramik yang telah terpasang. Kamu bisa menggunakan nat khusus atau semen putih untuk hal ini. Eh tapi penerapan nat pada susunan keramik di anak tangga ini berbeda lho dengan pemasangan di lantai atau dinding. Terapkan adukan nat tersebut dengan dibuat sedikit melingkar supaya aman, sudutnya tidak terlalu tajam, dan terlihat lebih rapi.

 

Nah itu dia beberapa tahap untuk memasang keramik di sudut atau anak tangga dengan metode adu manis. Hal ini bertujuan agar keramik bisa terpasang dengan rata dan rapi. Untuk hasil terbaik, gunakan keramik yang berkualitas dari GNET agar awet dan tahan lama. Kamu bisa juga baca artikel mengenai pemasangan keramik lainnya. Hunian nyaman, GNET solusinya!