KEMBALI KE ARTIKEL
14 April 2021

GNET

 

Membuat Ruangan Mushola Nyaman di Rumah

Halooo Sobat Gnetion! Gimana puasa bulan ini? Lancar? Bulan Ramadhan ini mungkin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, mungkin sebagian besar dari kamu ada yang khawatir pergi ke masjid untuk melaksanakan ibadah sholat, sehingga memilih sholat di rumah.

Nah, karena itu kamu pasti ingin membuat ruangan sholat atau mushola di rumah yang nyaman untuk digunakan saat beribadah selama Ramadhan. Berikut tips membuat ruangan sholat minimalis ala Genta supaya mushola di rumahmu menjadi tempat yang nyaman.

 

1. Gunakan elemen kayu pada lantai

desain mushola minimalis lantai kayu

Sumber: Pinterest

Ruang sholat atau mushola di rumahmu dapat menjadi lebih menarik dan nyaman untuk beribadah jika lantainya dibuat dari elemen kayu. Salah satu contoh, kamu bisa menggunakan SPC Flooring sebagai material lantainya. Dengan menggunakan SPC Flooring, ruang sholat di rumahmu akan terasa semakin dekat dengan alam. Tentunya jika dilapisi dengan sajadah atau karpet akan membuat lebih nyaman.

 

2. Perhatikan sirkulasi udara dan berikan cahaya yang cukup

Dengan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik, hal itu akan membuat ruangan sholat di rumahmu lebih nyaman karena tidak lembab dan terasa lebih segar. Ibadah pun akan lebih khusyuk.

 

3. Tambahkan lemari khusus

lemari minimalis ruangan mushola

Agar ruang sholatmu lebih nyaman, maka kamu bisa menata ruangan mushola dengan lebih rapi. Salah satu caranya ialah dengan menambahkan lemari kecil atau rak susun untuk menyimpan peralatan sholatmu seperti mukena, sajadah, sarung, dan lain sebagainya.

 

4. Berikan pengharum atau aromaterapi

Memberikan pengharum ruangan di mushola bisa semakin menghadirkan kenyamanan. Kamu bisa menggunakan beragam macam aroma yang bersifat menenangkan untukmu dan keluarga tentunya. Cobalah aroma seperti aroma lavender, vanilla, atau grapefruit bisa membuat ruangan menjadi lebih segar dan menenangkan lho.

 

5. Sesuaikan warna cat dinding

Untuk ruangan sholat atau mushola di rumah yang nyaman, kamu juga perlu memperhatikan cat warna dinding. Usahakan jangan menggunakan warna gelap agar tidak terkesan suram. Gunakan cat warna-warna netral dan adem sehingga bisa menyejukkan mata. Selain warna netral, warna-warna pastel juga bisa menjadi alternatif. Ngecat dinding juga bisa jadi kegiatan ngabuburit yang menyenangkan lho!

 

6. Jangan lupa sesuaikan dengan arah kiblat

Arah mushola juga disesuaikan dengan arah kiblat agar penggunaan ruangan menjadi lebih efektif. Jika ruangan belum sesuai, kamu bisa menggunakan sebuah partisi ruangan demi menyesuaikan arah kiblat. Partisi ruangan dengan bahan gypsum menjadi solusi yang bagus, karena pemasangannya praktis dan mudah.

 

7. Tambahkan aksesori keagamaan agar lebih manis

hiasan dinding mushola

Sumber: Amazon

Agar lebih bersemangat ibadah, kamu bisa tambahkan aksesori keagamaan di ruangan sholatmu agar ruangan sholat atau musholamu tidak tampak kosong. Untuk mushola, kamu bisa meletakkan pajangan kaligrafi tulisan bahasa Arab, tasbih, foto Ka’Bah, dan aksesoris lain yang menurutmu sesuai.

Nah, itu dia beberapa tips membuat ruangan sholat atau mushola yang nyaman agar ibadah di rumah semakin khusyuk. Selamat menunaikan ibadah puasa, Sobat Gnetion. Stay safe and healthy!