KEMBALI KE ARTIKEL
05 June 2021

GNET

 

Apa saja yang perlu disiapkan dalam membuat kolam renang minimalis?

Kalau kamu adalah seseorang yang mempunyai hobi berenang, dan memiliki lahan yang cukup di rumah, tidak ada salahnya untuk mempergunakan lahan tersebut untuk membuat kolam renang minimalis di rumahmu. Di tengah cuaca panas, paling seru kalau bisa bermain air di kolam renang milik sendiri di rumah. Selain dapat menenangkan pikiran, bermain air di kolam renang sendiri tentunya memberi kenyamanan dan privasi lebih buat kamu.

Ingin membuat kolam renang minimalis sendiri di rumah tapi gak tau apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk list beberapa tips cari Genta di bawah ini!

 

1. Tentukan ukuran dan kedalaman kolam renang minimalis

kolam renang minimalis

Sumber: stainless-pools.com

Langkah pertama adalah tentukan dulu seberapa besar kolam renang yang kamu inginkan. Hal ini akan menentukan lahan yang akan kamu gunakan dan tentunya biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat kolam renang tersebut. Jika dilihat dari jumlah orangnya, untuk 4 orang biasanya ukuran kolam renang adalah 4 meter. Pada umumnya, desain kolam renang dibuat dengan ukuran 3x7 meter untuk lahan 4x8 meter, dengan menyisakan 1 meter pada ujung kolam untuk pijakan.

Untuk kedalaman kolam renang, untuk kolam renang anak, idealnya kamu membutuhkan kedalaman sekitar 0,5 meter hingga 1 meter. Namun untuk orang dewasa, kedalamannya bisa sekitar 1,4 meter hingga 2 meter.

 

2. Sistem sirkulasi air

kolam renang minimalis

Sumber: Pinterest

Dalam membuat kolam renang minimalis di rumah, kamu perlu memiliki sistem sirkulasi air kolam yang baik. Keberadaan sistem sirkulasi air ini membuat air yang keluar dari air akan selalu terjaga. Ada 2 sistem sisrkulasi air kolam renang, yaitu sistem air skimmer dan sistem air overflow.

Untuk kolam renang air indoor, kamu dapat menggunakan sistem skimmer, di mana sistem ini mengkondisikan agar air kolam renang tersebut tidak melimpah keluar dari dinding kolam renang. Dengan sistem sirkulasi ini, konstruksi dinding kolam renang didesain lebih tinggi dari batas permukaan air kolam renang.

Oh iya, jika kamu memilih kolam renang outdoor, tambahkan kanopi untuk mengurangi panas. Kamu bisa gunakan bahan seperti GNET UPVC Roof atau GNET Polycarbonate.

 

3. Gunakan pelapis internal kolam renang minimalis

kolam renang minimalis kedalaman

Sumber: Rumah.com
 

Untuk bagian dalam kolam renang, gunakan saja keramik. Dibandingkan dengan pelapis internal kolam renang lainnya, keramik diyakini paling efisien untuk kolam renang rumah. Dari segi harga, biaya pemasangan, serta perawatannya yang cukup mudah, keramik menjadi pilihan yang tepat untuk pelapis kolam renang kamu. Namun, kamu harus berhati-hati, karena jika ada nat yang rusak, maka hal itu bisa berbahaya bagi pengguna kolam.

 

4. Jangan lupa melakukan perawatan rutin pada kolam renang

perawatan kolam renang minimalis

Sumber: Swimmingpool.com

Setelah kolam renang selesai dibuat, kamu harus melakukan perawatan pada air agar air tidak mengandung bakteri dan lumut. Perlu diingat bahwa kamu perlu melakukan perawatan setiap 1-2 kali seminggu agar air kolam renang tetap bersih. Biaya perawatan ini biasanya berkisar dari Rp 700 ribu - 1 juta. Untuk cara merawat kolam renang, Genta bahas di artikel sendiri deh biar gak kepanjangan yaaa. 

 

Gimana? Tertarik untuk membuat kolam renang sendiri? Siapkan dulu hal-hal di atas dan lakukan perawatan kolam renang secara rutin yaaa. Jangan lupa, pakai bahan bangunan dari GNET yang sudah terjamin kualitasnya. Hunian nyaman, GNET solusinya!