KEMBALI KE ARTIKEL
15 December 2023

Insulasi suara menjadi salah satu komponen penting untuk menjaga hunian tetap nyaman. Pasalnya insulasi suara berperan penting untuk mencegah suara bising dari luar hunian masuk ke dalam rumah.

Salah satu media untuk pemasangan komponen insulasi suara adalah partisi gypsum. Hal ini lantaran gypsum cukup mudah untuk dipasang. Serta, mempunyai bobot ringan sehingga tidak memberi beban tambahan untuk struktur bangunan.

GNET Indonesia akan membagikan cara memasang partisi gypsum melalui ulasan di bawah ini.

Alat dan Perlengkapan untuk Memasang Partisi Gypsum

Sebelum beranjak pada cara pemasangan, persiapkan dahulu alat-alat dan perlengkapannya agar proses pengerjaan jadi lebih efektif dan efisien.

  1. Gypsum Board

  2. Insulasi Suara

  3. Rangka Metal

  4. Sekrup Gypsum 

  5. Alat Pengukur 

  6. Gunting Drywall 

  7. Bor Listrik

  8. Palu

  9. Compound Gypsum

  10. Cat Waterproof 

Cara Memasang Partisi Gypsum

Berikut beberapa cara memasang partisi gypsum yang bisa Kamu lakukan.

1. Tandai Area Dinding Gypsum

Seperti halnya memasang dinding dari batu, area pemasangan dinding gypsum juga perlu ditandai terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui lebar dan panjang suatu ruangan agar hasil sesuai dengan rencana. 

Gunakanlah alat pembantu, seperti pulpen atau spidol untuk membuat tanda pada area yang diinginkan. Kamu juga bisa memasang benang nilon supaya area pemasangan partisi gypsum dapat lebih terlihat.

2. Pemasangan Rangka Metal Stud & Track

Setelah markingan area dinding selesai, maka bisa mulai untuk pemasangan rangka dinding partisi. Untuk rangka dinding partisi gypsum gunakan rangka dari GNET Metal Stud dan Track yang terbuat dari baja berkualitas anti karat serta praktis digunakan.  

Sesuaikan ukuran rangka metal stud & track dengan luas area pemasangan. Kamu dapat memotong rangka jika ukurannya lebih panjang dari kebutuhan. Untuk melakukannya Kamu bisa menggunakan gunting metal.

3. Pemasangan Insulasi Dinding

Setelah rangka partisi selesai dipasang, kemudian siapkan insulasi dinding untuk dimasukkan ke dalam rangka partisi. Insulasi ini berfungsi sebagai lapisan kedap suara agar suara dalam ruangan tidak mengganggu aktivitas pada ruangan di sebelahnya. Untuk kualitas terbaik, gunakan insulasi dinding bermutu tinggi GNET Rock Wool.

Insulasi suara mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Pastikan Kamu memilih ukuran yang sesuai dengan area yang telah ditandai sebelumnya. Dengan begitu, Kamu akan lebih menghemat biaya pemasangan karena tidak ada insulasi suara yang terbuang sia-sia.

Kamu juga dapat menentukan tingkat ketebalan (density) dari material insulasi suara. Hal ini berguna untuk menyesuaikan level kebisingan pada ruangan atau lingkungan sekitar bangunan. Jika partisi gypsum digunakan untuk ruangan galeri musik, Kamu bisa memilih insulasi suara dengan tingkat ketebalan tinggi.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Peredam Suara Ruangan dan Fungsinya untuk Hunian 

4. Pemasangan Papan Gypsum

Pilih ukuran papan gypsum yang sesuai dengan luas dinding untuk mempercepat pemasangan dan efektif dalam penggunaan bahan. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir bahan tersisa akibat pemotongan ukuran yang tidak tepat. Papan gypsum dipasangkan pada rangka yang telah kita buat sebelumnya menggunakan sekrup dan bor. 

Untuk kualitas terbaik, jangan lupa pakai papan gypsum INDOBOARD dan sekrup gypsum GNET sehingga pengerjaan jadi lebih mudah dan hasilnya bisa lebih maksimal. 

5. Compound Gypsum untuk Perataan Permukaan Dinding

Selanjutnya adalah menutup permukaan yang tidak rata akibat lubang sekrup dengan mengaplikasikan compound gypsum. Setelah itu, ratakan kembali permukaan dinding dengan menggunakan amplas secara perlahan dan merata. Bersihkan hasil amplas, seperti debu dan kotoran lainnya. Kamu bisa memakai alat vacuum cleaner atau sapu.

6. Pengecatan Dinding

Setelah semua terpasang dan langkah-langkah di atas selesai dilakukan, inilah tahap terakhir, yaitu pengecatan dinding. Permukaan dinding gypsum yang telah rata akan mempermudah proses pengecatan. Selain itu, hasil akhir pengecatan pun tentu akan lebih bagus.

Kamu bisa menggunakan cat waterproof sebagai upaya perawatan partisi gypsum dari percikan air. Alhasil partisi gypsum akan lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama tanpa perlu khawatir akan ditumbuhi oleh lumut atau jamur.

Daftar Kisaran Harga Partisi Gypsum

Inilah kisaran harga partisi gypsum yang dikutip dari berbagai sumber untuk menjadi referensimu:

No. Jenis Harga
1. Partisi Gypsum Yosino Ukuran 1,2 x 2,4 M Rp 46.000
2. Papan Gypsum Aplus A+ 9mm x 1200mm x 2400mm Rp 50.000
3. 2 Sisi Partisi Gypsum GRC volume 21-50 m2 Rp 235.000
4. Gypsum Indoboard Rp 47.250
5. Partisi Gypsum Jayaboard Heatstop Rp 68.640

Nah, itu tadi tips mengenai cara memasang dinding partisi gypsum yang dijamin kedap suara dan tentunya awet dan tahan lama. Penuhi kebutuhan partisi gypsum Kamu dengan produk Jayaboard dari GNET Indonesia. 

Checkout langsung Jayaboard Gypsum di Official Store Tokopedia GNET Indonesia!