KEMBALI KE ARTIKEL
31 March 2021

GNET

turbin ventilator gnet

Sumber: Canva

Apa itu turbin ventilator?

Istilah turbin ventilator mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Namun bagi yang berkecimpung di dunia kontruksi, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi. Sebenarnya, turbin ventilator ini bentuknya mirip seperti kubah dengan sirip melingkar. Turbin ventilator ini biasanya diletakkan di atap suatu rumah atau bangunan.

Fungsi dari turbin ventilator sendiri sebenarnya sama seperti exhaust fan, yaitu membantu proses sirkulasi udara, sehingga udara di dalam tidak pengap. 

 

Bagaimana cara kerja turbin ventilator?

fungsi turbin ventilator gnet

Sumber: Canva

Nah, inilah istimewanya turbin ventilator. Alat ini bekerja tanpa memerlukan tenaga listrik. Turbin ventilator bekerja dengan cara menghisap debu, panas, maupun asap dalam ruangan dan kemudian dibawa ke luar.

Turbin ventilator akan berputar berdasarkan tekanan dan aliran udara panas yang ada di dalam ruangan, di mana udara bergerak dan mengalir dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi. Jika sirkulasi udara dalam rumah baik, maka suhu udara  dalam rumah akan normal. Namun jika udara di dalam rumah panas, maka perlu adanya ventilasi udara atau buangan angin yang memadai. 

Uap panas yang ada di dalam atap akan dibuang berdasar prinsip thermoshipon, yaitu berputarnya turbin karena tekanan uap panas dari dalam atap. Selain itu, turbin hanya akan bekerja ketika ada hembusan angin, bahkan walau lemah sekalipun. Sementara saat angin bertiup kencang, alat ini tetap bisa menahannya. Luar biasa kan?

 

Apakah turbin ventilator akan bocor ketika hujan?

Ketika hujan tiba, turbin ventilator tentu tetap bekerja. Tenang saja, tidak perlu khawatir akan bocor, karena alat ini telah dirancang sedemikian rupa agar air tidak masuk ke dalam rumah. Selain itu, turbin ventilator dari GNET terbuat dari bahan stainless steel sehingga dipastikan tahan terhadap korosi. 

 

Fungsi turbin ventilator untuk hunian bebas panas

Turbin ventilator tidak hanya dipasang untuk pabrik ataupun gudang. Turbin ventilator pun dapat diaplikasikan pada atap rumah. Banyak manfaat yang didapat ketika alat ini dipasang pada hunian, antara lain:

1.Rumah bebas pengap

Udara panas dan pengap seringkali mengganggu kesehatan tubuh lho. Inilah mengapa sebuah hunian butuh sirkulasi atau ventilasi udara yang baik. Nah, turbin ventilator ini adalah solusinya. Dengan adanya turbin ventilator, kelembapan rumah pun akan terjaga. 

 

2.Turbin ventilator tahan terhadap berbagai cuaca

fungsi manfaat turbin ventilator

Sumber: socialmediathon

Turbin ventilator dari GNET  terbuat dari stainless steel, sehingga material ini tahan terhadap korosi. Selain itu, material ini juga tahan terhadap berbagai perubahan cuaca.

 

3.Turbin ventilator hemat listrik, hemat biaya

Karena tidak menggunakan listrik, turbin ventilator ini hemat biaya dan energi walaupun alat ini bekerja selama 24 jam.  

Gimana, luar biasa ya manfaat dari turbin ventilator ini. Jadi pengen pasang turbin ventilator kan? Solusi hunian bebas pengap, bebas panas tanpa listrik! Tapi pastikan gunakan GNET Ventilator ya yang sudah jelas kualitasnya! Selain memasang ventilator, kamu pun bisa memasang insulasi atap dan menambahkan kanopi rumah dari polycarbonate untuk meredam panasnya sinar matahari. Sampai jumpa di tips menarik dari GNET yang lain, Sobat GNETion!