KEMBALI KE ARTIKEL
13 December 2023

Memasuki musim penghujan rumah memerlukan beragam persiapan khusus. Salah satu persiapan tersebut adalah mengecek keadaan talang air. Apakah terdapat kebocoran atau tidak.

Bocornya talang air perlu segera diperbaiki. Jika tidak, hunian Kamu tentu akan terasa kurang nyaman dan banyak digenangi oleh air. GNET Indonesia akan membagikan cara memperbaiki talang air yang bocor melalui ulasan di bawah ini.

Apa Penyebab Talang Air Bocor?

Sebelum beranjak pada cara dan langkah-langkah perbaikan, Kamu perlu mengetahui dahulu apa-apa sajak yang menjadi penyebab talang air mengalami kebocoran. Berikut di antaranya:

  1. Rusaknya Sambungan Talang

Beberapa talang air dibuat dengan cara menyambung antar satu dan lainnya. Proses penyambungan ini dilakukan lantaran panjang talang air tidak mampu mencakup seluruh tepian atap.

Salah satu hal yang menjadi penyebab kebocoran adalah rusaknya sambungan talang air. Ada berbagai penyebab kerusakan sambungan talang. Mulai dari segel talang yang kendur, pergeseran posisi talang dan lain sebagainya.

  1. Talang Air Berlubang

Talang air berlubang menjadi masalah yang kerap ditemui di setiap hunian. Lubang pada talang air umumnya disebabkan oleh tumbuhan atau serpihan pohon yang jatuh. Baik lubang berukuran kecil maupun besar Kamu perlu segera memperbaikinya. Bila tidak, masalah ini akan semakin parah.

  1. Penutup Talang Bocor

Perhatikan kembali keadaan penutup talang air. Ada banyak penyebab kebocoran pada penutup talang. Di antaranya, yakni korosi, cara pemasangan yang salah dan juga keretakan atau pecah yang diakibatkan karena talang air tidak mampu menahan suhu panas dari pancaran sinar matahari dalam jangka waktu lama.

  1. Talang Air Tersumbat

Talang air yang tersumbat juga jadi pemicu kebocoran. Kamu bisa mengecek kondisi talang air dan membersihkannya apabila terdapat banyak sampah dan kotoran yang menyumbat. Terutama jika rumah Kamu berada di dekat pohon. Sampah-sampah dedaunan dan ranting pohon sangatlah berpotensi menjadikan talang air tersumbat.

Cara Memperbaiki Talang Air yang Bocor

Setelah memahami beragam penyebab talang air bocor, kini saatnya Kamu mengetahui cara memperbaikinya.

  1. Pembersihan Berkala

Cara pertama dalam memperbaiki talang air yang bocor adalah dengan melakukan pembersihan berkala. Talang air yang tersumbat oleh kotoran dan sampah membuat air meluap dan bocor. 

Ketika dibiarkan dalam jangka waktu lama kotoran dan sampah juga akan merusak talang. Mulai dari memicu kerusakan berlubang hingga yang paling parah adalah bergesernya posisi talang akibat sampah yang begitu penuh.

  1. Mengganti Talang Air yang Rusak

Gantilah talang air apabila kondisinya sudah mengalami kerusakan parah dan tidak bisa diperbaiki kembali. Contoh kerusakan parah tersebut, seperti berlubang besar, patah dan lapuk akibat dimakan usia.

Kamu dapat mengganti dengan talang air jenis galvalum yang memiliki durabilitas tinggi. Tahan korosi dan tahan suhu panas matahari sehingga menjadikan talang air ini sangat awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Memperbesar atau Memperpanjang Talang

Apakah talang air Kamu mengalami kebocoran akibat tidak mampu menampung luapan air? Jika iya, kini saatnya Kamu memperbesar atau memperpanjang talang air. Dengan demikian ukuran talang air jadi lebih baik sehingga dapat menampung air hujan pada kapasitas yang tinggi.

  1. Gunakan Lem atau Cat Anti Bocor

Pengaplikasian lem anti bocor pada talang dapat menjadi solusi lain yang bisa Kamu lakukan. Kamu direkomendasikan untuk mengaplikasikan lem dan cat anti bocor pada musim kemarau. 

Pasalnya panas terik matahari pada musim kemarau akan membantu proses pengeringan pada lem dan cat menjadi lebih cepat dan efektif. Lain halnya, jika Kamu mengaplikasikannya pada musim hujan. Lem dan cat jadi kurang teraplikasi dengan sempurna. Akibatnya kebocoran dapat kembali terjadi di masa mendatang.

  1. Mengencangkan Sambungan Talang

Terkadang kebocoran pada talang air tidak hanya disebabkan oleh adanya lubang atau luapan. Namun juga, kondisi sambungan talang air yang kendur sehingga menghasilkan celah kebocoran.

Itu sebabnya bila masalah ini terjadi Kamu dapat segera mengatasinya dengan mengencangkan kembali sambungan talang. Periksa pula penyebab kendurnya sambungan talang tersebut. Kalau menemukan kerusakan, Kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

  1. Memeriksa Tutup Talang

Beberapa masalah kebocoran juga disebabkan oleh kondisi tutup talang yang sudah kurang baik. Arti dari kurang baik di sini dapat berupa kondisi tutup talang yang bocor, pemasangan kurang kuat dan kerusakan akibat berbagai faktor.

Perhatikan dahulu seberapa parah kondisi tutup talang. Jika kebocoran hanya diakibatkan oleh pemasangan yang kurang kencang, Kamu dapat segera memperbaikinya langsung. Sebaliknya bila kerusakan talang air sudah tidak bisa diperbaiki, direkomendasikan untuk menggantinya dengan yang baru.

Tips Mencegah Talang Air Bocor

Supaya talang air tidak bocor kembali setelah diperbaiki, Kamu bisa menerapkan beberapa tips pencegahannya sebagai berikut.

  1. Pemeliharaan Rutin

Lakukan pemeliharaan talang air secara rutin. Pemeliharaan ini meliputi pembersihan daun dan sampah, pencabutan lumut dan alga hingga pengaplikasian lem atau cat anti bocor. Jika tak mempunyai waktu luang, Kamu dapat menggunakan jasa profesional untuk melakukan perawatan talang air.

  1. Periksa Ketinggian Talang

Terpaan angin yang kencang juga dapat mengubah tingkat ketinggian atau kemiringan pada talang air. Seperti diketahui, air bergerak dari tempat yang tinggi ke lokasi rendah. Begitupun pada talang air. Pastikan talang air memiliki tingkat kemiringan yang cukup agar air dapat mengalir kepada pipa pembuangan.

  1. Pemilihan Material

Beberapa jenis material talang air mempunyai durabilitas yang kuat. Untuk itu, pemilihan jenis material yang tepat akan membantumu dalam proses perawatan dan pencegahan kebocoran di kemudian hari.

Talang air jenis beton, galvalum dan aluminium dinilai mempunyai durabilitas yang lebih tinggi bila dibandingkan lainnya. Kamu bisa memilihnya bila memiliki anggaran yang mencukupi. 

  1. Pasang Jaring Penutup Talang

Tips keempat ini cukup solutif buat talang air yang kerap dipenuhi oleh sampah dedaunan dan kotoran lainnya. Satu hal yang perlu Kamu pastikan adalah ukuran lubang pada jaring. Pilihlah jaring dengan ukuran lubang sedang supaya air hujan tetap bisa memasuki talang air.

Solusi Talang Air untuk Hunian Kamu

Penuhi kebutuhan talang air pada rumahmu dengan GNET Talang Air. Terbuat dari material baja dan campuran aluminium - seng bermutu tinggi, menjadikan GNET Talang air mempunyai durabilitas tinggi. Tidak hanya tahan korosi, GNET Talang air juga tahan akan rambatan api. Jadikan hunian lebih nyaman dan aman dengan GNET Talang Air. Cari tahu produk ini selengkapnya di halaman berikut!