KEMBALI KE ARTIKEL
19 August 2021

 

GNET

Tujuan plamir tembok sebelum mengecat rumah

Sebelum membahas cara plamir tembok, mungkin sebagian dari kalian belum familiar dengan istilah plamir. Sebenarnya, apa sih plamir tembok itu? Pada dasarnya, plamir tembok adalah material pelapis tembok sebelum dilakukan pengecatan. Plamir tembok sendiri fungsinya adalah membuat halus permukaan tembok yang biasanya berlubang atau tidak rata. Plamir ini nantinya akan memudahkan proses pengecatan serta membuat tampilan dinding menjadi lebih rapi.

Pengecatan tembok atau dinding plester bisa dilakukan sendiri lho. Namun, tentu butuh persiapan dan langkah-langkah yang tepat ya agar hasilnya pun bisa maksimal. Yuk simak langkah-langkahnya berikut!

 

1. Bersihkan tembok terlebih dahulu

cara plamir tembok bersihkan tembok

Sumber: thespruce.com

Sebelum mulai plamir tembok, tentu saja bersihkan tembok terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tembok dapat merekat secara sempurna, karena kotoran pada dindign atau tembok bisa mengurangi daya rekat plamir pada tembok. Selain itu, kotoran atau debu dapat membuat permukaan tembok menjadi tidak rata. Namun, jika tembokmu sudah bercat, sebaiknya kamu kelupas terlebih dahulu cat lamanya agar hasilnya lebih rapi dan maksimal. Setelah dinding bersih, lakukan pemolesan dengan amplas kasar.

 

2. Siapkan bahan plamir tembok

cara plamir tembok adonan kompon

Sumber: rooma.id

Sebagai bahan plamir, kamu bisa gunakan Cornice Compound 5 in 1. Kamu bisa membelinya di toko-toko bangunan terdekat. Mengapa menggunakan Cornice Compound 5 in 1? Hal ini karena penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan air (perbandingan 2:1), dan kemudian kompon siap digunakan. Selain itu, Cornice Compound 5 in 1 ini memiliki daya lekat yang kuat serta hasil akhir yang halus. 

 

3. Aplikasikan plamir pada tembok

cara plamir tembok kape

Sumber: Freepik

Setelah adonannya siap, aplikasikan kompon tersebut pada permukaan tembok. Kompon mempunyai fungsi untuk menutup celah, lubang kecil pada permukaan dinding, atau menutup permukaan dinding yang tidak rata. Hal ini dilakukan agar hasil akhir pengecatan dinding bisa lebih sempurna. Dalam mengaplikasikan plamir, gunakan kape, yaitu semacam alat yang fungsinya untuk mengerik cat lama yang sudah kering atau menambal lubang dan retakan pada dinding atau lantai. Oleskan plamir dari bagian atas menuju bagian bawah tmbok atau dinding. Pastikan pori-pori, lubang, retakan kecil pada dinding tertutup dengan baik yaaa. 

 

4. Menunggu plamir tembok kering

Setelah lapisan pertama kering, aplikasikan lapisan kedua (finishing) jika perlu. Lalu biarkan kering selama 24 jam untuk memastikan plamir tembok menempel pada dinding dengan sempurna.

 

5. Amplas permukaan dinding

cara plamir tembok amplas dinding

Sumber: thediyhammer.com

Setelah menunggu hingga 24 jam, lakukanlah pengamplasan pada dinding. Pilih amplas yang bertekstur halus agar plamir tembok yang sudah menempel sebelumnya tidak terkelupas. Hal ini dilakukan agar hasil akhir bisa lebih halus dan merata. 

 

6. Siap melakukan pengecatan!

cara plamir tembok cat dinding

Sumber: Freepik

Sebelum melakukan pengecatan, cek terlebih dulu semua bagian tembok apakah sudah tertutup secara sempurna. Jika semua sudah tertutup dengan baik, saatnya melakukan pengecatan. Nah, dengan melakukan plamir tembok terlebih dahulu, tembok akan lebih mudah untuk dicat dan warna cat yang dihasilkan juga akan terlihat lebih indah.

Bagaimana? Mudah kan plamir tembok sendiri? Agar hasil lebih maksimal, jangan lupa gunakan bahan bangunan yang berkualitas dari GNET. Hunian nyaman, GNET solusinya.